Tuesday, January 10, 2017

Optimasi Sosial Media untuk Promosi Blog

iBlogger.id - Salah satu cara yan cukup efektif meningkatkan jumlah visitor blog yaitu dengan memanfaatkan sosial media. Sosial media yang juga digunakan sebagai tempat untuk berkumpul, mencari informasi dan sebagainya. Target kita sebagai blogger adalah para pencari informasi, dengan cara melakukan share di sosial media diharapkan blog kita dikunjungi. Isi dari blog juga harus sesuai dengan apa yang sedang dicari oleh pengguna sosial media. 

Sosial media sepert twitter, facebook dan google plus merupakan sosmed yang paling sering dibuka dan bahkan sampai pelosok desa pun pasti ada yang memiliki salah satu dari tiga sosmed tersebut. Berikut ini adalah optimasi sosial media untuk promosi blog

Optimasi Sosial Media untuk Promosi Blog


1. Google plus
G+ adalah sosial media milik google dengan pengguna sekitar 1,6milyar orang. Meskipun tergolong banyak, pamor G+ masih di bawah facebook dan twitter. Begitu kita membuka satu akun google, maka otomatis kita akan memiliki akun G+, sehingga bayangkan saja berapa banya jumlah ornag yang memiliki akun google, adn itu = jumlah pemilik akun G+. Begitu tingginya pengguna,membuat potensi mendapatkan pengunjung dari G+ ini bisa sangat luar bisa. 

2. Facebook
Pengguna aktif facebbok pada tahun 2015 tercatat sebanyak 1.280.000.000 dan di Indonesia sendiri mencapa 50juta pengguna aktif. Facebook sangat familiar di Indonesia dan potensi untuk meraup visitor sangatlah tinggi. Optimasi facebook supaya mendapatkan pengunjung yaitu bergabung dengan komunitas yang terkait dengan blogmu, memiliki fanpage, dan memiliki jumlah teman facebook yang banyak. Namun perlu diperhatikan jangan sampai melakukan spam yang berakibat terblokirnya akun facebook kamu.

3. Twitter
Twitter dalam hal jumlah pengguna masih kalah jauh dengan facebook dan G+. Meskipun begitu twitter adalah sosmed yang populer setelah facebook dan G+. SAmpai tahun 2015 tercatar pengguna twitter mencapai 645juta. Untuk mendapatkan trafik dari twitter diperlukan kerja ekstra, karena apa ? tidak seperti facebook yang mengajukan pertemanan lalu mereka otomatis dapat melihat feed kita, twitter perlu follower dan sifatnya adalah satu arah, satu arah maksudnya meskipun kita memfollow orang, orang yang kita follow tidak bisa melihat feed kita bila tidak follow balik. Merepotkan kadang.

4. Line
Aplikasi chatting ini bisa kita gunakan juga untuk promosi blog, bisa menggunakan akunpersonal atau akun khusus seperti halaman fanpage atau Line@. Pengguna line yang mencapai 216 juta pada tahun 2015 memiliki fitur untuk share link blog di timeline dan bisa dilihat oleh teman line kita. Namun untuk lebih efektifnya lebih baik menggunakan akun line@ dan rajin mempromosikan line@ supaya follower bertambah.

5. Instagram
Intagram merupakan sosial media yang berbasis gambar. Kamu bisa membagikan gambar yang menggambarkan isi konten blogmu, juga jangan lupa disertai dengan link blogmu. 
Itulah ulasan beberapa sosial media yang dapat digunakan sebagai sumber mendapatkan trafik. Keunggulan kita melakukan share link di sosial media adalah link tersebut bisa meningkatkan trafik blog pada search engine. Selain melaukan promosi melalui sosial media, kita bisa meningkatkan trafik dengan melakukan blogwalking, tukar link dan sebagainyaa. Demikian ulasan singkat kali ini semoga bermanfaat untuk kalian ya :) 

Terima kasih


EmoticonEmoticon