Tuesday, January 17, 2017

Cara Riset Keyword Menggunakan Google Trends Explore

iBlogger.id - Cara Riset Keyword Menggunakan Google Trends Explore - Ketika membuat sebuah konten, kamu harus memikirkan keyword yang tepat. Mengapa kita perlu meriset keyword untuk konten? Alasannya adalah supaya kamu tidak percuma membuat konten, bayangkan ketika kamu memilih judul tanpa dasar yang jelas pasti susah ditemukan karena kebanyakan orang tidak berpikir akan mengetik keyword asal asalan.

Cara Riset Keyword Menggunakan Google Trends Explore

Google Trends membantu kamu untuk menemukan keyword yang paling populer yang artinya keyword itu adalah yang paling banyak dicari orang di dunia internet.

Lalu apa bedanya Google Trends dan Google Keyword Planner ?

Perbedaannya hanya terletak pada fungsinya saja. Google Trends digunakan ketika kamu mencari informasi keyword paling populer, banyak dicari dan yang sedang naik daun. Berbeda dengan Google Keyword Planner, digunakan untuk menganalisa jumlah pencarian terhadap keyword tertentu serta tingkat pesaing dari keyword yang kamu cari.

Sebenarnya keduanya saling berkaitan dan bisa kamu gunakan bersamaan supaya mendapatkn kata kunci yang berkualitas sehingga keyword tersebut siap bersaing di google

Riset Keyword Dengan Google Trends Explore


Jangan asal tembak untuk menentukan judul artikel. Karena bisa jadi judul yang kamu tembak secara langsung adalah judul yang justru jarang dicari. Namun sah sah saja kamu menentukan judul sendiri tanpa melakukan riset keyword terlebih dahulu.

Namun cara terbaik supaya mendapatkan judul yang populer adalah dengan melakukan riset terlebih dahulu menggunakan google trends

Baca juga Mau Sukese Blogging? Lupakan SEO dan Terapkan Hal Ini

Supaya kamu bisa lebih memahami cara melakukan riset keyword menggunakan google trends, berikut ini contohnya

Misal, saya akan membuat konten dan topik yang dijadikan judul adalah mengenai 'wisata' , kalau diamati topik ini akan banyak sekali bisa dijadikan sebuah judul. Bisa saja saya mengambil judul 'Wisata Jogja Termurah' atau 'Wisata Kuliner di Solo yang paling Populer' dan masih banyak lagi.  Tapi kita belum tau judul mana yang paling diminati orang saat ini. Maka dari itu kita menggunakan Google Trends Explorer

1. Akses Google Trends Explorer

Cara Riset Keyword Menggunakan Google Trends Explore


Seperti gambar di atas, saya mencari keyword wisata di negara Indonesia dalam 30 hari terakhir dengan kategori Pariwisata untuk penelusuran web

Kamu bisa memasukkan topik yang lain di tahap ini pada tambahkan istilah, masukan kata apa saja yang menurut kamu relevan.


2. Informasi Minat Kawasan 

Cara Riset Keyword Menggunakan Google Trends Explore

Informasi ini menunjukan wilayah yang mempunyai pencarian paling banyak menggunakan keyword 'wisata'. Dan wilayah yang paling banyak mengetikan 'wisata' adalah Sulawesi Utara


3. Informasi Penelusuran Terkait

Cara Riset Keyword Menggunakan Google Trends Explore

Bagian ini menampilkan informasi tentang keyword terpopuler yang palig banyak dicari dan keyword yang sedang naik daun yang berkaitan dengan keyword 'wisata'

Informasi ini menyesuaikan dengan pengaturan pada poin 1 di atas yaitu negara Indonesia, dalam waktu 30 hari terakhir dengan kategori Pariwisata untuk penelusuran web

baca juga Panduan Optimasi SEO Terbaru dari Google

Sekarang kita lihat pada bagian Penelusuran Terkait , keyword 'wisata' yang dikelompokan menjadi 2 yaitu

Teratas, merupakan keyword terpopuler, nilai 100 artinya keyword tersebut mempunyai tingkat popularitas paling tinggi.

Naik Daun, Farmhouse mengalami peningkatan. Sehingga kita bisa menggunakan keyword 'Wisata Farmhouse' selanjutnya klik 'Farmhouse untuk mendapatkan keyword populrer lainnya yang berkaitan dengan 'wisata Farrmhouse' tersebut di google trends

Nah sampai di tahap ini kita sudah mendapatkan keyword populer, selanjutnya adalah menjadikan keyword tersebut sebuah judul artikel. Sebenarnya bisa dilanjutkan dengan melakukan riset di Google Keyword Planner, tujuannya adalah untuk melihat kompetitor tehadap keyword tersebut. Jika keyword tersebut berada di tingkat menengah kebawah, kama keyword tersebut siap digunakan. Tunggu bahasan selanjutnya mengenai Google Keyword Planner

Itu sedikit ulasan mengnai Cara Riset Keyword Menggunakan Google Trends Explore, semoga bisa bermanfaat :)


EmoticonEmoticon