Saturday, January 7, 2017

Cara Menghapus Ghost Referral Spam Perusak Statistik Blogger

iBlogger.id - Cara Menghapus Ghost Referral Spam Perusak Statistik Blogger - Pernahkah kamu mendapatkan trafik dari  url situs perujuk yang aneh? mendapatkan trafik visitors blog yang berasal dari sumber tak dikenal. Nah url aneh dantak dikenal itu adalah ghost referral spam. Url tersebut bisa memberikan efek dan bisa mempengaruhi statistik Google Analytics. 

Cara Menghapus Ghost Referral Spam Perusak Statistik Blogger

Cara Menghapus Ghost Referral Spam Statistik Blogger

Berikut pengertian ghost referral spam dan cara mengatasi, menghilangkan dan menghentikan trafik ghost referral melalui teknik filter ghost referral di google analytics.

Pengertian Ghost Referral Spam

Ghost referral spam merupakan Bot mesin pencari. Layaknya Bot milik google dimana mereka akan merayapi atau membaca seluruh halaman dan elemen pada blog kita.

Namun, perlu diketahui disini bahwa Bot berupa ghost referral spam ini tidak benar-benar mengunjungi situs kita.

Cara kerja dari ghost referral spam ini yaitu bot ghost referral hanya "menyentuh" Javascript Google Analytics, sehingga pada akhirnya Bot ini pun terlihat layaknya seperti visitors blog, seolah-olah pengunjung berasal dari trafik organik. Ingat, trafik organik.


Cara Mengatasi Ghost Referral Spam di Google Analytics

Cara mengatasi ghost referral spam blog, perusak statistik google analytics blogger, menghilangkan dan menghentikan trafik ghost referral spam di blog ini, kita bisa menggunakan filter khusus yang ada di layanan Google Analytics.
  1. Masuk ke Google Analytics
  2. Pilih Admin > All Filters > Add Filters
  3. Silahkan isi Filter Name, Filter Type dan Exclude Filter serta Filter Pattern (lihat gambar dibawah)


Jika sudah, simpan pengaturan yang sudah kita ubah
Sampai disini sudah selesai.

Untuk mengatasi ghost referral spam di blog gunakan metode khusus, dengan kata lain Custom. Proses menghentikan spam referral blog ini membutuhkan waktu sekitar 24 jam (1 hari).

Selain itu jika blog yang terkena pengaruh referral spam blog lebih dari 1 situs, misalnya ada beberapa situs dengan nama domain yoospam.com, sepamurl.com, contohurlspam.com dan seterusnya....

...kita bisa menggabungkannya dengan tanda pemisah "|" (tanpa tanda petik). Contohnya seperti dibawah ini:

http://android-app//com.google.android.apps.plus/https/plus.url.google.com/mobileapp | yoospam.com | sepamurl.com | contohurlspam.com

Terkadang ghost referral spam adalah tindakan yang dilakukan blogger lain untuk menjatuhkan blog kita. Untuk itu selalu cek statistik blog kita. Supaya bisa memblokir url aneh tersebut.

Oke, sekian Cara Menghapus Ghost Referral Spam Perusak Statistik Blogger. Semoga bermanfaat 😏


EmoticonEmoticon