Saturday, January 7, 2017

7 Widget Utama Blog Untuk Meningkatkan SEO Blog

iBlogger.id - 7 Widget Utama Blog Untuk Meningkatkan SEO Blog - SEO atau search engine optimization cakupan ilmunya sangat luas sekali. Banyak faktor yang bisa mempengaruhi skor SEO suatu blog, mulai dari keyword, template, konten, backlink dan masih banyak lagi. Nah pada postingan kali ini akan dibahas 7 widget blog yang dapat meningkatkan SEO blog. 

Widget-widget berikut iniwajib dipasang supaya blog kita meningkat skor SEO-nya. Jika skor SEO tinggi, maka efeknya tentu meningkatnya trafik organik dari search engine.  Nah 7 widget tersebut adalah


1. Popular Post / Artikel terpopuler
Kamu tentu tau bagaimana kekuatan sebuah backlink? Popular post ini memiliki fungsi seperti backlink dari blog kita sendiri. Jadi semakin banyak konten baru yang kita update, maka link di popular post ini seperti mendapatkan backlink yang unik, fresh, dari konten yang baru tersebut. 

Widget ini adalah Widget dapat dikatakan sebagai widget yang paling penting karena popular post dapat mempertanankan posisi kita di Serp.  Semakin sering kita update konten maka semakin banyak backlink yang fresh, unik, dan berkualitas yang didapatkan dari popular post itu sendiri.

baca juga Peringatan Keras Google Terhadap Kontes SEO


2. Artikel Terbaru / Recent Post
Widget ini selain berfungsi seperti Popular Post, namun nilai poin SEOnya tidak sebesar yangdimiliki Popular Post karena artikel terbaru ini hanya berjumlah beberapa item dan berubah -ubah sesuai frekuensi update blog kita

3. Google Plus
Banyak blogger berpendapat bahwa Google plus memiliki pengaruh terhadap SEO karena G+ ini milik google itu sama artinya kalau google plus ya google itu sendiri. "Pengaruhnya" SEO nya adalah dari segi banyak aspek seperti jumlah share, teman, follower, voting, comment dan hashtag dan lain sebagainya.

4. Label / Kategori 
Label ini juga mempunyai nilai pada serp Google karena Label akan mempermudah Search engin mengindeks artikel sobat

5. Kotak Pencarian
Dari segi SEO mungkin tidak terlalu banyak berpengaruh namun tentu saja ini akan mempermudah pengunjung mencari blog sobat dan ini akan menambah jumlah views blog sobat. ketika views betambah maka semakin cepat halaman tersebut naik rangking ke search engine.

6. Arsip Blog
Saya rasa fungsinya sama dengan Kotak pencarian, jika ada arsip blog pengunjung akan lebih mudah mencari artikel dengan demikian pagevies akan bertambah dan akhirnya akan mengurangi bunce blog
7. Related Post
Sama seperti fungsi kotak pencarian dan arsip blog, Related post ini adalah widget yang paling banyak berpengaruh di banding keduanya karena widget tersebut akan memunculkan artikel yang relevan dengan yang di baca visitors saat itu jadi kemungkinan besar visitors juga mencari konten yang memiliki relevansi serupa. 

Nah itu adalah 7 widget utama blog yang bisa meningkatkan skor SEO blog. Namun untuk beberapa orang ada beberapa widget yang tak perlu dipasang karena memiliki anggapan jika terlalu banyak widget dapat memperlambat loading blog. Untuk itu seleksi widget apa saja yang akan dipasang, tentu dengan mempertimbangkan pengaruhnya terhadap SEO blog.


EmoticonEmoticon